Sekapur Sirih ICCC II Tahun 2016

Catatan Walikota Malang

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Mereka yang berhasil adalah pribadi pribadi yang tidak disibukkan untuk menilai pekerjaan serta menyalahkan orang lain. Mereka adalah sosok yang senantiasa menyibukkan diri dalam sebuah olah fikir, olah karya, jelajah kreatifitas dan inovasi. Meletakkan dirinya untuk dapat memberikan hal yang baru, mengayuh tantangan yang ada serta membangun kemandirian diri.

Bagi mereka ini, keberhasilan orang lain menjadi inspirasi dan cambuk untuk ikut mencoba melakukan hal yang sama (setidaknya), dan bila mungkin memberikan nilai lebih dan lebih. Sehingga yang muncul semangat untuk saling berkontribusi, semangat untuk saling berbagi, semangat untuk selalu bersinergi dan semangat semangat untuk membawa kemaslahatan secara meluas.

Semangat itu pula yang sesungguhnya membalut pekerja pekerja kreatif. Yang menjadi para pemangku negeri ini, para perumus kebijakan bahkan negara meliriknya untuk menjadikan satu komoditas baru yang sangat menjanjikan sebagai pilar perekonomian bangsa, bahkan dunia. 

Dan kiranya, kata “kreatif” tidak harus terbelenggu hanya pada industrialisasi atau pun sektor jasa perekonomian/perdagangan. Sihir kreatif juga harus mampu dibumikan pula dalam setiap bidang dan gerak pembangunan, sehingga yang lahir adalah pembaharuan dan pembaharuan serta ide ide segar yang tidak terbelenggu oleh kerja rutinitas belaka.

Pada muaranya, semangat menumbuhkembangkan sektor ekonomi kreatif diharapkan mampu berkelindan secara apik pula dengan birokrasi yang diwarnai pikiran pikiran kreatif pada kebijakan dan kegiatan programnya.
Dipercayanya kota Malang sebagai tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016, menjadi momen penting untuk menempatkan kota Malang menjadi salah satu kota kreatif di Indonesia sekaligus dapat berperan untuk ikut menembus dunia internasional dengan ragam potensi ekonomi kreatif yang dimilikinya.

Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) 2016; kiranya bukan semata kemeriahan acara yang hendak disasar. Namun itu hanyalah awal, yang harus diikuti dengan langkah program pasca kegiatan. Yang terukur dari berkibarnya para komunitas kreatif untuk mewarnai derap pembangunan di kota Malang, di Jawa Timur, di Indonesia dan bahkan di manca negara.

Salam kreatif.. dan
Salam Satu Jiwa.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Malang, April 2016
WALIKOTA MALANG


H. MOCH. ANTON